Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jelang Ramadhan, Stok Beras di Pemalang Aman


Infomoga.com -- Pemalang, Ketua Komisi B DPRD Pemalang, Fahmi Hakim mengatakan, stok beras di wilayah Kabupaten Pemalang hingga enam bulan ke depan masih aman. Sebab, saat ini terdapat stok beras sekitar  6.600 ton yang disimpan di gudang Bulog Babadan.

”Di gudang Bulog ada stok sekitar 6.600 ton beras dan siap untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Diperkirakan stok tersebut bisa untuk mencukupi kebutuhan beras masyarakat Pemalang hingga enam bulan ke depan,” ujar Ketua Komisi B Fahmi Hakim seperti dilansir suaramerdeka.com (6/4).

Kunjungan Komisi B ke gudang beras Bulog selain mengecek ketersediaan pangan terutama beras juga membawa aspirasi para petani.

Baca juga: Jelang Puasa Layanan Perbankan Makin Ramai

Para petani berharap Bulog bisa menyerap hasil panen tanpa harus melalui pihak lain. Selain itu diharapkan Bulog bisa sebagai stabilitator harga beras atau gabah di pasaran.

Karena itu perlu adanya pola kerja sama jangka panjang dengan petani sebagai produsen, sedangkan pemerintah daerah (pemda) berfungsi sebagai jembatan dengan Bulog.

Terkait dengan aspirasi tersebut pihak Bulog akan segera menindaklanjuti, tentunya sesuai dengan aturan ada.

Dalam jangka pendek Bulog bekerja sama dengan Dinas Pertanian dalam penyiapan penanaman padi yang disokong oleh Bulog.

Harga gabah turun


Sementara itu harga gabah di tingkat petani saat ini sebesar 5.900 - Rp. 6.100 per kilogram, turun rata-rata Rp. 600 dibandingkan saat awal musim panen yang mencapai mencapai Rp. 6.500 - Rp. 6.700 per kilogramnya.

Hal ini disebabkan karena di sebagian besar wilayah Pemalang sedang memasuki musim panen raya.

Kepala Seksi Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Pertanian Pemalang, Nursyam Ubaidi mengatakan, beberapa daerah kecamatan khususnya di sepanjang Pantura seperti, Kecamatan Pemalang, Taman, Petarukan, Ampelgading, Comal, Bodeh dan Ulujami sedang panen raya.

"Saat ini musim panen sedang berlangsung sehingga ketersediaan pangan di Pemalang masih cukup melimpah. Panen yang terjadi secara bertahap di beberapa kecamatan dan diprediksi masih akan terus berlangsung hingga akhir April mendatang,” ujar Nursyam Ubaidi.

Baca juga: 2 Warga Pemalang Positif, 2 Lainnya Belum Terkonfirmasi

Untuk daerah lainnya, khususnya wilayah tengah dan selatan sudah panen raya lebih awal, dibandingkan pertanian di wilayah Pantura.

Dengan banyaknya daerah yang sedang panen raya diperkirakan stok beras di Pemalang bisa mencapai 34.020 ton hingga Juni 2020 mendatang.

Stok bisa dikatakan aman berdasarkan kebutuhan dengan jumlah penduduk Pemalang pada 2020 sekarang ini sebanyak 1.305.666 jiwa.

Meskipun demikian, diperkirakan stok tersebut akan berkurang cukup siginifikan yaitu sekitar 60 persen antara Agustus hingga September tahun ini.

Post a Comment for "Jelang Ramadhan, Stok Beras di Pemalang Aman"